Jarang yang Tahu, 10 Manfaat Rumput Teki untuk Kesehatan Tubuh

Ternyata bukan cuma sekedar tumbuhan liar, lho!

Artikel tulisan oleh Cholif Rahma
Penyunting oleh Karla Farhana

Sering kita memandang sebelah mata, ternyata rumput teki yang tumbuh liar menyimpan segudang manfaat. Rumput teki atau rerumputan kacang (Cyperus Rotundus) pada umumnya terkenal sebagai :

  • Rumput coco
  • Rerumputan Jawa
  • Rerumputan kacang merah
  • Alang kacang ungu

Ini merupakan tumbuhan tahunan yang berasal dari Afrika, Eropa Selatan dan Tengah, serta Asia Selatan. Ternyata, bagian umbi pada rumput teki merupakan salah satu bagian yang kaya manfaat. Sebab dalam umbi rumput teki terkandung zat yang baik yang dapat berguna sebagai obat herbal.

Penasaran dengan beragam manfaat rumput teki lainnya? Simak informasi lengkapnya berikut ini yuk, neng!

Manfaat Rumput Teki

Melansir sebuah penelitian dalam artikel Unair News, masyarakat Kalimantan Tengah telah menggunakan rumput teki (Cyperus rotundus L) ini secara turun temurun. Mereka menggunakannya untuk berbagai pengobatan termasuk:

Tidak hanya untuk kesehatan mulut, berikut ini adalah manfaat lain dari rumput teki.

1. Kesehatan Pencernaan

Rimpang dari rumput teki telah berguna untuk pengobatan tradisional serta banyak berguna di negara-negara di Asia untuk mengobati :

Kandungan kimiawi yang ada di tanaman ini menjadikannya obat yang efektif untuk memerangi gangguan pencernaan.

Selain itu, rumput teki terdiri dari beberapa enzim dan senyawa aktif yang membantu merangsang berbagai reaksi biokimia. Ini akan membantu dalam meningkatkan sistem pencernaan lebih baik. Cara mengolahnya sama dengan poin di atas, cukup merebus dan konsumsi air rebusannya.

Dengan mengonsumsi umbi rumput teki ini, gangguan pencernaan bisa teratasi dengan baik.

2. Meredakan Nyeri Saat Menstruasi

Untuk haid yang tidak teratur maupun rasa nyeri yang muncul ketika menstruasi, ternyata rumput teki juga kita dapat mengandalkan, lho! Siklus bulanan pada wanita seringkali terasa tak mudah, apalagi bila neng selalu merasakan nyeri.

Namun, jangan khawair, karena minuman herbal dari umbi rumput teki berkhasiat meredakan sakit menstruasi. Caranya, cuci bersih umbi rumput teki, haluskan dan rebus hingga mendidih. Saring air rebusan dan minum airnya secara teratur. Bahkan, bila tamu bulanan datang tidak teratur, resep ini juga bisa membuat haid menjadi lebih teratur.

3. Mengontrol Epilepsi

Rumput teki dapat berguna sebagai ramuan pengontrol kejang pada penderita epilepsi. Hal ini karena kandungan pretreatment dengan ekstrak etanol dalam rumput teki dapat menawarkan perlindungan yang cukup besar terhadap kejang pada tikus.

Mengutip sebuah penelitian dari Epilepsyflavonoid yang ada temuan dalam ekstrak etanol mungkin bertanggung jawab atas aktivitas antikonvulsan. Ekstrak ini dapat berguna untuk mengembangkan obat-obatan untuk epilepsi.

4. Perawatan Kulit

Manfaat rumput teki berikutnya adalah baik untuk merawat kulit. Meskipun bukti ilmiahnya terbatas, tanaman rumput kacang ini anggapannya bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan mengurangi efek penuaan.

Rumput teki membantu mencerahkan warna kulit dengan mencegah pembentukan pigmen kulit yang terkenal sebagai melanin. Extrapone, formula yang banyak neng temukan di krim pemutih kulit yang terbuat dari ekstrak bubuk akar rumput kacang.

Ini adalah cara alami untuk memutihkan kulit tanpa efek samping yang berbahaya atau beracun.

5. Memperlancar Saluran Urin

Tak hanya itu saja, neng. Air rebusan umbi rumput teki ternyata juga bisa memperlancar saluran urin hingga mengobati kencing batu. Saluran urin yang terhambat karena penggumpalan garam ini bisa lancar kembali. Sebab, air rebusan umbi rumput teki yang bersifat di’ uretik atau membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh.

6. Meredakan Nyeri

Manfaat rumput teki yang berikutnya dapat meredakan nyeri. Menurut penelitian, ekstrak minyak esensial dan petroleum eter dari rumput teki memiliki sifat analgesik yang kuat. Oleh karena itu dapat berguna untuk menghilangkan rasa sakit.

Salah satu nyeri yang dapat terobati dengan rumput teki yakni sakit gigi. Caranya, haluskan umbi rumput teki lalu seduh dengan 200ml air panas. Setelah hangat, tambahkan sedikit madu dan minum airnya.

7. Anti Inflamasi

Manfaat rumput teki yang berikutnya dapat mencegahinflamasi pada kulit. Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa ekstrak alkohol dari rumput teki ini miliki aktivitas anti inflamasi yang efektif melawan karagenan.

Itu juga temuan efektif melawan artritis yang teruji cobakan pada tikus albino. Hasilnya menunjukkan bahwa rumput teki dapat memberikan efek sangat tinggi serta kuat.

8. Meredakan Demam

Umbi rumput teki memang menyimpan banyak manfaat, salah satunya meredakan demam. Hal ini karena umbi rumput teki mampu merangsang keluarnya keringat dalam tubuh sehingga membantu menormalkan kembali suhu tubuh saat demam.

Tak perlu repot, neng. Hanya perlu haluskan umbi rumput teki dan campurkan dengan sedikit air. Bungkus dengan kain tipis dan kompreskan pada bagian ketiak atau lipatan lainnya.

9. Menghilangkan Ketombe

Neng memiliki masalah dengan kulit kepala yang gatal dan berketombe? Maka tidak ada salahnya untuk coba tips satu ini. Haluskan daun dan batang rumput teki, lalu tambahkan minyak kelapa. Campurkan hingga semua bahan menyatu dengan baik.

Neng bisa menggunakannya sebagai masker rambut dengan cara balur merata dari kulit kepala hingga ujung rambut. Tunggu beberapa saat lalu bilas hingga bersih. Ramuan ini juga efektif untuk  mencegah rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut serta aman penggunaan oleh bayi.

10. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat rumput teki yang terakhir adalah, dapat mengelola tekanan darah pada manusia. Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak alkohol dari rumput teki menyebabkan penurunan tekanan darah secara perlahan dan terus-menerus.

Selain itu, rumput teki telah lama berguna dalam pengobatan tradisional sebagai obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, rebus daun dan batang rumput teki. Minum air rebusannya secara teratur setiap hari.

Itu dia neng, beragam 10 manfaat rumput teki yang mungkin belum pernah neng ketahui sebelumnya!

10 Manfaat Rumput Teki – Artikel pernah muat di Orami.

ERA DIGITAL
INVESTASI TAK TERBATAS RUANG & WAKTU


Rumah tinggal keluarga adalah kebutuhan dasar manusia. Utamanya bagi Pekerja Migran Indonesia, Klub Cahaya melayani kebutuhan dengan kerja sama saling menguntungkan. Selengkapnya klik ke Klub Cahaya atau Real Estate. Atau ke Beranda.

Kesempatan Emas – Miliki aset properti dengan murah, mudah dan cepat..!!!
Harga tanah dan rumah naik terus, tak pernah turun..
Kami menawarkan 2 cara pembelian : 1. Beli tanah dulu, bangun rumah nanti. 2. Beli rumah langsung, sudah termasuk tanah.
Dengan mendaftar pembelian properti kami, Anda sudah memiliki properti bersama kami..

Hubungi kami untuk mendapat penawaran dan negosiasi terbaik..
Pembayaran setelah lengkap dokumen Notaris..

Perumahan Cahaya Caruban – Kendal
PT. Cemerlang Cahaya Internasional
Kontak HP/WA :
+62 838 61122815
https://klubcahaya.com
Kategori: Karya Aneka

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: