Siloka dalam ajaran di Bali menjadi salah satu alasan tidak membangun jembatan di Selat Bali.

Jembatan Selat Bali pernah menjadi gagasan Prof. Dr. (HC) Ir. Sedyatmo (alm), seorang guru besar di Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada tahun 1960 gagasan tersebut bersama dengan nama Tri Nusa Bima­sakti; yang berarti penghubung antara tiga pulau yaitu Pulau SumatraPulau Jawa dan Pulau Bali.

Jembatan di Selat Bali pastinya akan lebih tinggi dari daratan dan perairan; untuk melihat bentuknya lihat ilustrasi gambar di bawah ini; karena ombak di Selat Bali yang sangat tinggi.

Jembatan ini sangat penting untuk ekonomi Jawa-Bali; dan liburan keluarga yang mengingat bahayanya menaiki kapal dan ombak yang tinggi di Selat Bali. Dengan jembatan ini idealnya orang-orang lebih cepat dan aman bila ingin bepergian ke Pulau Jawa atau yang ingin bepergian ke Pulau Bali.

Rencana bentuk jembatan di Selat Bali, jembatan yang rencananya di bangun di Indonesia termasuk bersama jembatan di Selat Sunda.

Sumber : Wikipedia

Alasan Tidak Membangun Jembatan Selat Bali

Kontroversi Alasan Tidak Membangun Jembatan Selat Bali

Ketua PHDI Kabupaten Jembrana saat itu, I Komang Arsana menolak pembangunan jembatan Selat Bali. Menurutnya, melihat dari sejarah Pulau Bali; yang dalam siloka Dang Hyang Sidimantra; sengaja memutus Pulau Bali dengan Pulau Jawa.

Dari ajaran Hindu yang telah masuk dalam sejarah Bali itu; menurutnya secara sekala dan niskala, Bali dengan Jawa sejak awal memang sudah terbentuk sedemikian rupa. Kedua pulau harus berbatas terpisah oleh laut yang merupakan salah satu penyaring; sehingga hal-hal buruk dan pengaruh buruknya dari luar Bali; dan lebih luas, segala sesuatu dari luar Bali menjadi lebih mudah pengawasannya.

ERA DIGITAL
INVESTASI TAK TERBATAS RUANG & WAKTU


Rumah tinggal keluarga adalah kebutuhan dasar manusia. Utamanya bagi Pekerja Migran Indonesia, Klub Cahaya melayani kebutuhan dengan kerja sama saling menguntungkan. Selengkapnya klik ke Klub Cahaya atau Real Estate. Atau ke Beranda.

Kesempatan Emas – Miliki aset properti dengan murah, mudah dan cepat..!!!
Harga tanah dan rumah naik terus, tak pernah turun..
Kami menawarkan 2 cara pembelian : 1. Beli tanah dulu, bangun rumah nanti. 2. Beli rumah langsung, sudah termasuk tanah.
Dengan mendaftar pembelian properti kami, Anda sudah memiliki properti bersama kami..

Hubungi kami untuk mendapat penawaran dan negosiasi terbaik..
Pembayaran setelah lengkap dokumen Notaris..

Perumahan Cahaya Caruban – Kendal
PT. Cemerlang Cahaya Internasional
Kontak HP/WA :
+62 838 61122815
https://klubcahaya.com
Kategori: Goresan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: