Indonesia punya karunia dengan bahasa daerah yang beragam. Masing-masing bahasa memiliki keunikan dan ragam kata yang menarik. Salah satunya adalah bahasa Sunda. Inilah salah satu keunikannya; Aneka Jatuh Bahasa Sunda.

Oleh : M. RIZQI AKBAR

Selain memiliki ungkapan dengan muatan kearifan lokal, bahasa Sunda juga memiliki beragam kosakata yang unik. Bahasa daerah yang penggunanya tersebar di Jawa Barat dan Banten ini, memiliki perbendaharaan kata yang sangat bervariasi.

Salah satu contohnya adalah kata “jatuh”. Kata tersebut dalam bahasa Sunda memiliki banyak istilah lain untuk mengungkapkannya.

Untuk menyebut jatuh dari ketinggian, bahasa Sunda yang umum terpakai ialah ragrag dan murag. Kata ragrag penggunaan untuk makhluk hidup dan murag digunakan untuk benda mati.

Selain itu, masih ada banyak lagi kosakata untuk menyebutkan variasi jatuh yang makna dasarnya kurang lebih sama, yakni terjatuh. Di antaranya ada kata labuh dan geubisLabuh termasuk kategori loma atau akrab, sedangkan geubis kesannya lebih lemes atau halus.

Adapun variasi lainnya adalah sebagai berikut :

Untuk menyatakan seseorang yang jatuh ke depan, bahasa Sunda menggunakan istilah tikusruk. Namun, jika jatuh ke belakang akan sebutannya tijengkang.

Bila jatuh terlempar sebutannya tijungkel. Jika jatuh karena tersandung, kata menggunakan adalah tikosewad. Namun bila jatuh sambil meluncur, maka disebut tigolosor atau ngagolosor. 

Lalu, jika jatuh masuk dalam lubang kata yang tepat adalah tigebrus, tetapi bila terpeleset itu tiseureuleu.

Melansir dari akun instagram @pemkotbogor, selain kata-kata di atas, tercatat pula sejumlah kosakata lain yang memiliki arti terjatuh, yakni tigedebru, tigubrag, tigedebut, tigejebur, tigujubar, tigorobas, tigorolong, tigulitik, tigurawil, tigolepak, tijalikeuh, tijengkang, tijongjolong, tijungkel, tinjungkir, tijurahroh, tikokojot, tikucuprak, tikudawet, tikunclung, tiporos, tiseureuleu, titiliktikan, titotolonjong, dan tisorodot. 

Banyaknya istilah ini terkadang cukup membingungkan. Pasalnya, kosakata itu nantinya bakal membentuk kalimat seperti yang ingin diucapkan. Jangankan orang luar Sunda, sepertinya orang Sunda sendiri pun belum tentu paham semuanya.

Aneka Jatuh Bahasa Sunda – Artikel pernah muat di travel.tempo.co.

ERA DIGITAL
INVESTASI TAK TERBATAS RUANG & WAKTU


Rumah tinggal keluarga adalah kebutuhan dasar manusia. Utamanya bagi Pekerja Migran Indonesia, Klub Cahaya melayani kebutuhan dengan kerja sama saling menguntungkan. Selengkapnya klik ke Klub Cahaya atau Real Estate. Atau ke Beranda.

Kesempatan Emas – Miliki aset properti dengan murah, mudah dan cepat..!!!
Harga tanah dan rumah naik terus, tak pernah turun..
Kami menawarkan 2 cara pembelian : 1. Beli tanah dulu, bangun rumah nanti. 2. Beli rumah langsung, sudah termasuk tanah.
Dengan mendaftar pembelian properti kami, Anda sudah memiliki properti bersama kami..

Hubungi kami untuk mendapat penawaran dan negosiasi terbaik..
Pembayaran setelah lengkap dokumen Notaris..

Perumahan Cahaya Caruban – Kendal
PT. Cemerlang Cahaya Internasional
Kontak HP/WA :
+62 838 61122815
https://klubcahaya.com
Kategori: Karya Aneka

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: