Dekriminalisasi Heroin Fentanil Kokain Shabu dan MDMA

Menanggapi peningkatan besar-besaran dalam kejahatan dan 95% peningkatan kematian opioid pada tahun pertama Covid, British Columbia melakukan dekriminalisasi sejumlah kecil obat-obatan seperti heroin, fentanil, kokain, shabu, dan MDMA untuk penggunaan pribadi, efektif 31 Januari 2023 hingga Januari 31, 2026.

3 Cara Menyelesaikan Krisis Opioid di Seluruh Dunia

Hidup dalam kegelapan, sekeliling oleh kotoran dan kesepian, adalah kebanyakan orang membayangkan pecandu narkoba. Sosok mereka selalu abstrak dan melengkung, tersembunyi dari pandangan. Setiap asosiasi dengan kehidupan “orang normal” terhapus, dan mereka hanya memberi label sebagai “pecandu”.

Namun, sesungguhnya kecanduan mempengaruhi semua orang. Dan dengan pandemi COVID-19 yang menyebabkan tingkat over dosis meroket; semakin banyak orang akan kehilangan keluarga dan teman karena krisis kesehatan yang tidak ingin jadi pembicaraan setiap orang.

Jadi mari kita bicarakan.

Over dosis obat terjadi ketika jumlah racun obat membanjiri tubuh Anda. Setiap obat bertindak berbeda dan memiliki cara yang berbeda untuk tercerna oleh tubuh. Mereka dapat terhirup, tersuntikkan, tertelan, atau terhirup melalui obat tetes mata, jarum, sendi, bong, bedak, pil, vape, atau berbagai benda lainnya.

Dan dalam beberapa dekade terakhir, obat-obatan tersebut telah menjadi campuran. Obat-obatan dengan toksisitas rendah sebagai pembanding; seperti ganja, telah tercampur dengan obat toksisitas yang lebih tinggi, seperti fentanil.

Mencampur obat seperti ini berbahaya. Tanpa mengetahui pasti yang mereka konsumsi, orang dapat secara tidak sengaja menelan dosis obat pilihan mereka; dengan tingkat toksisitas yang jauh lebih tinggi dari pada yang mereka harapkan; yang menyebabkan tubuh mereka tidak mampu menanganinya. 

Contoh bahwa hal ini sangat lazim adalah di Kanada, sebuah negara dengan keindahan alam yang luas dan salah satu tingkat over dosis tertinggi di dunia. 

Provinsi terbesar ketiga di Kanada, British Columbia; menyatakan keadaan darurat kesehatan masyarakat pada tahun 2016 ketika tingkat over dosis melonjak karena meluasnya penggunaan fentanil dalam ganja. Sejak itu, BC terus mencatat jumlah kematian tertinggi akibat over dosis dari semua provinsi di Kanada. 

Dengan orang-orang yang memakai narkoba sendirian di rumah mereka sendiri sekarang lebih dari sebelumnya, bahaya over dosis telah meningkat. 

Pada 2019, SM mencatat 744 over dosis. Pada tahun 2020, ada 1.516 over dosis.

Orang-orang beralih ke narkoba sebagai bentuk pelarian atau untuk mengatasi stres yang terbawa oleh pandemi COVID-19. Namun dalam banyak kasus, itu berakhir dengan merenggut nyawa mereka.   

Amerika Serikat menghadapi masalah serupa. Di AS, ada 81.000 kematian over dosis obat dari Mei 2019 hingga Mei 2020. Peningkatan 20% dari rekor sebelumnya untuk kematian over dosis terbanyak dalam 12 bulan, menurut data sementara dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Sementara jumlah over dosis di AS meningkat dari tahun ke tahun sebelum 2020, awal respons COVID-19 AS melihat lonjakan tingkat over dosis yang jauh lebih tinggi daripada tahun-tahun sebelumnya.  

Kelompok orang yang terkena gelombang over dosis ini yang paling parah adalah orang-orang yang sudah berjuang melawan kecanduan.  

Seperti penjelasan oleh Direktur CDC Robert Redfield, MD; “Gangguan kehidupan sehari-hari akibat pandemi COVID-19 telah memukul mereka dengan gangguan penggunaan zat keras. Saat kami melanjutkan perjuangan untuk mengakhiri pandemi ini, penting untuk tidak mengabaikan kelompok yang berbeda yang terpengaruh dengan cara lain. Kita perlu merawat orang-orang yang menderita akibat yang tidak kita inginkan”.

Meninggal karena over dosis bukanlah niat seorang remaja menelan pil di sebuah pesta; juga bukan niat seseorang menyalakan sambungan dari pemasok baru di garasi mereka; tetapi itu terjadi. Dan salah satu alasan utamanya adalah karena opioid sintetik. 

Opioid sintetis telah meningkat popularitasnya selama beberapa tahun terakhir karena biaya produksinya yang murah dan potensinya yang tinggi. Mereka, paling sering fentanil, adalah obat yang mudah untuk mencampur dengan yang lain, karena mereka dapat membuat ganja lebih kuat dan adiktif dan kokain lebih murah bila menggunakan sebagai pengisi. 

Namun, fentanil, obat yang mirip dengan morfin tetapi sekitar 100 kali lebih kuat, bisa berakibat fatal dalam dosis sekecil 2 mg. Dengan toksisitas tinggi seperti itu, pemasok ilegal menambahkan terlalu banyak pil atau sendi hampir pasti akan terjadi. 

Toksisitas yang meningkat ini adalah salah satu alasan opioid menjadi sebab utama peningkatan kematian akibat over dosis. Angka yang meningkat 38,4% dari 12 bulan hingga Juni 2019 jika membandingkan dengan 12 bulan hingga Mei 2020.

Menurut CDC, selama periode yang sama ini : 

  • “37 dari 38 yurisdiksi AS dengan data opioid sintetik yang tersedia melaporkan peningkatan kematian over dosis terkait opioid sintetik”.
  • “18 yurisdiksi ini melaporkan peningkatan lebih dari 50 persen”.
  • “10 negara bagian barat melaporkan lebih dari 98 persen peningkatan kematian terkait opioid sintetis”.

Over dosis yang melibatkan kokain juga naik 26,5%, bersama dengan metamfetamin, yang meningkat 34,5%. Kedua obat yang kematiannya, menurut penelitian CDC, “kemungkinan terkait dengan penggunaan bersama atau kontaminasi kokain dengan fentanil atau heroin yang diproduksi secara ilegal.”

Dengan begitu banyak kematian yang berkaitan dengan opioid, kita perlu membantu orang-orang yang paling berisiko mengalami over dosis.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan.

Pertama, kita perlu meningkatkan akses ke layanan penting bagi orang-orang yang berisiko over dosis.

Kedua, kita perlu memperluas penggunaan Naloxone dan mendidik masyarakat tentang pencegahan over dosis. 

Dan ketiga, kita perlu meningkatkan deteksi wabah over dosis sehingga bantuan dapat menjangkau pasien lebih cepat. 

Meskipun melakukan masing-masing hal ini mungkin tidak menghilangkan over dosis, itu akan menurunkan jumlahnya setiap tahun. Kesehatan mental teman-teman Anda, keluarga Anda, dan Anda, adalah penting. Dan sudah saatnya pemerintah di seluruh dunia mulai bertindak seperti itu.

Dekriminalisasi Heroin Fentanil Kokain Shabu dan MDMA – Sumber : Twitter & YAC

SMA 22 Bandung Website designed by Hanjuang

Kategori: Goresan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: