Media di Arab Saudi ramai memberitakan seorang pemuda asal Indonesia yang berangkat haji menggunakan sepeda. Kader Muhammadiyah kreatif itu bernama Muhammad Fauzan, warga Magelang, Jawa Tengah.

Fauzan masuk salah satu media di Arab Saudi dengan judul “Pemuda Indonesia Menempuh 5.000 KM Bersepeda dalam Ziarah ke Tiga Masjid Suci”.

Kader Muhammadiyah Kreatif Cukup 7 Bulan Bisa Berhaji
Muhammad Fauzan saat diwawancarai salah satu media di Arab Saudi

Ia mengatakan bahwa sudah lama ia memendam keinginannya untuk berangkat haji.

Pemuda berusia 28 tahun ini lantas membuat geger masyarakat Indonesia maupun Arab Saudi. Bagaimana tidak, pemuda asal Magelang Jawa Tengah ini mengayuh sepeda hingga melewati sejumlah negara di Asia Tenggara untuk sampai Arab Saudi agar bisa melaksanakan ibadah haji.

Perjalanan yang berlangsung cukup 7 bulan lebih.

TV Arab Saudi lalu mewancarai Muhammad Fauzan bagaimana perjuangan dan perjalanan nekadnya naik sepeda dari Indonesia ke Arab Saudi untuk berhaji.

Muhammad Fauzan ternyata bukan sembarang pemuda, dia pandai berbahasa Arab saat media Arab mewawancarainya

Sejak ia lulus kuliah dan menjadi pengajar agama keinginan sudah muncul.  Akan tetapi, keinginan itu terkendala karena biaya serta jadwal pemberangkatan haji yang harus mengantre lama dan bertahun-tahun.

Dikutip dari laman Muhammadiyah, Muhammad Fauzan menyebutkan bahwa perjalanan spiritual haji seumur hidup adalah perjalanan yang sulit. Sepeda miliknya ia kayuh selama hampir 5.000 kilometer, dalam perjalanannya dari Indonesia ke Arab Saudi yang memakan waktu lebih dari tujuh setengah bulan (7,5 bulan).

Awalnya, Fauzan telah bersepeda sejak November 2021. Lalu pada Kamis (26 Mei 2022), dia tiba di ibu kota Riyadh. Kedatangan Fauzan juga telah Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Arab Saudi sambut. 

PCIM lalu mendampinginya untuk melakukan sejumlah pertemuan dengan berbagai termasuk dengan Duta Besar RI Abdul Aziz Ahmad dan Wakil Kepala Perwakilan RI Arief Hidayat. 

Dalam pertemuan itu, Fauzan bercerita tentang motivasinya bersepeda hingga ke Arab Saudi adalah keinginan kuatnya untuk beribadah Haji. 

“Kuatnya tekad mengunjungi rumah Allah dan mengikuti ibadah haji menjadi motivasi bagi Fauzan untuk terus mengayuh sepeda,” tulis laman tersebut. 

Fauzan tiba di Jeddah dan wawancara TV Saudi pada 8 Juni 2022.

Berita ini telah terbit di : PORTAL ISLAM, dengan judul ‘Muhammad Fauzan Bikin Geger Arab Saudi! Solusi Haji Tanpa Antri… Naik Sepeda cuma membutuhkan waktu 7 bulan, daripada antrian Haji puluhan tahun’

Kembali ke beranda SMA 22 Bandung, atau kunjungi Warung Klubshop untuk berbagai penawaran menarik!

Kader Muhammadiyah Kreatif Cukup 7 Bulan Bisa Berhaji

Kategori: Goresan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: