Kebenaran Keluar Dari Sumur

Kebenaran keluar dari sumur; terlukis dengan jelas seorang perempuan telanjang memanjat keluar dari dalam sumur dengan satu tangan menopang tubuhnya, dengan mulut terbuka; sedangkan tangan yang lain memegang cambuk.

Apa arti dari lukisan karya Jean-Léon Gérôme ini?

Kebenaran Keluar Dari Sumur

Truth Coming Out Of Her Well To Shame Mankind”, atau “Kebenaran Keluar Dari Sumur Untuk Mempermalukan Manusia”; adalah lukisan karya seniman Prancis bernama Jean-Léon Gérôme yang pembuatan pada tahun 1986.

Gerome terinspirasi dari kutipan filsuf Yunani, Democritus; “Kita sebenarnya tidak tahu apa-apa, karena kebenaran terletak di dasar sumur”.

Cerita Tentang Kebenaran dan KebohonganKebenaran Keluar Dari Sumur

Suatu hari, Kebenaran dan Kebohongan bertemu, Kebohongan lalu berkata kepada Kebenaran, “Hari ini luar biasa indah!”. Kebenaran tertegun sejenak, lalu memandang ke larah angit dan mengangguk, “Ya, memang benar indah.”

Mereka pun menghabiskan waktu bersama, hingga tibalah mereka di sebuah sumur.  Kebohongan lalu membujuk Kebenaran, “Airnya sangat bagus, ayo kita mandi bersama!”. Kebenaran mulai curiga, ia lalu menguji air itu dan tenyata memang sungguh bagus. 

Mereka pun membuka pakaian dan mulai mandi. Saat Kebenaran sedang asyik membasuh diri, tiba-tiba, Kebohongan keluar dari sumur, merebut dan mengenakan pakaian Kebenaran lalu melarikan diri.  Kebenaran terkejut dan marah, ia segera keluar dari sumur dan lari mengejar Kebohongan ke berbagai tempat untuk mendapatkan kembali  pakaiannya. 

Tapi kebohongan sudah terlanjur menghilang.

Kebenaran sudah mencarinya ke berbagai tempat, namun pencariannya seolah sia-sia.

Sejak itu, Kebohongan berkeliling dunia dengan mengenakan pakaian Kebenaran; guna memuaskan hasrat dan keinginan manusia. Dunia tidak memiliki keinginan untuk berhadapan dengan Kebenaran yang telanjang.

Sejak saat itu, Kebenaran terhinakan dan terpermalukan. Ketika manusia melihat Kebenaran yang telanjang, mereka spontan mengalihkan pandangannya dengan penuh rasa jijik dan marah. Kebenaran yang malang akhirnya kembali ke dasar sumur dan lenyap, bersembunyi memendam rasa malunya. 

Kebenaran memilih bersembunyi, ketimbang bertemu manusia yang tak lagi mempercayainya.

Perempuan telanjang inilah yang Gerome mepakainya untuk mendeskripsikan “Kebenaran”. Lukisan ini seolah ingin menceritakan tentang Kebenaran keluar dari sumur setelah sekian lama bersembunyi.

Dia membawa cambuk di tangannya, yang akan ia gunakan untuk menyadarkan manusia bahwa Kebenaran yang ada saat ini adalah Kebohongan yang menyamar.

Sebuah renungan untuk kita semua, yang begitu mudah mempercayai kebohongan; hanya karena terlihat benar; tanpa mau mencari tahu lebih banyak, lebih luas dan lebih dalam tentang kebenaran sejati. Di lain sisi, kita juga sudah terlalu percaya dengan kebohongan hingga enggan melihat fakta dan kenyataan sebenarnya.

Catatan :

Cerita “Kebohongan dan Kebenaran” adalah cerita turun temurun yang sudah terkenal sejak abad ke-19.

Tim Kreatif; dari berbagai sumber.

Kategori: Goresan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: