Harga-harga kebutuhan naik semua.. Lalu aku kudu piye?

Lalu aku kudu piye?

Robertus Andrianto, CNBC Indonesia

Harga berbagai kebutuhan pokok melambung hingga puluhan persen dalam setahun terakhir. Kondisi tersebut tidak seimbang dengan kenaikan upah atau gaji. Maka dari itu, perlu menyikapinya dengan mengatur keuangan pribadi.

Berikut tips-tips untuk sobat finansial CNBC Indonesia untuk mengatur keuangan ketika harga-harga naik.

Atur Ulang Prioritas Pengeluaran

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah atur ulang bujet pengeluaran. Ini karena harga-harga yang naik tinggi pastinya akan membuat pengeluaran membengkak. Kaji ulang prioritas dalam mengeluarkan uang.

Prioritaskan kebutuhan penting dan rutin seperti biaya makan, uang sewa rumah atau kos, dan kuota. Kurangi pengeluaran yang bersifat leisure seperti menonton di bioskop, belanja, nongkrong, staycation atau kebutuhan hiburan lainnya.

Biaya untuk hiburan bisa dikurangi secara bertahap mulai dari kurangi 20% hingga 30%. Jika bisa mengurangi hingga 50%, pastinya akan sangat bagus.

Mulai sesuaikan gaya hidup dengan keadaan yang ada. Saat awal pasti cukup berat tapi yang perlu diingat adalah hal ini penting untuk dan menjaga keuangan pribadi tetap stabil dan sehat.

Berhemat

Mengurangi kegiatan hiburan pastinya membuat lebih hemat. Namun, sobat finansial masih bisa melakukan penghematan hampir di setiap lini pengeluaran. Caranya adalah dengan mencari alternatif dari kebutuhan.

Contohnya saja jika biasa menghabiskan Rp 40.000 untuk secangkir kopi, bisa dicari alternatif kedai kopi yang menawarkan harga kopi lebih murah. Lebih ekstrim, bisa sedia kopi kemasan yang bisa dibuat sendiri di kantor maupun rumah.

Contoh lainnya adalah memanfaatkan transportasi umum yang lebih murah. Sehingga bisa menghemat biaya bensin dan parkir.

Hemat juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan diskon atau reward yang ada. Perusahaan e-commerce atau food delivery banyak menawarkan diskon yang menarik. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengurangi pengeluaran. Sebagai catatan, sobat finansial tetap harus menahan diri dan akhirnya tidak boros karena tergiur diskon.

Tetap Sisakan Untuk Dana Darurat

Dana darurat adalah salah satu prioritas untuk jadi tempat menyisihkan sebagian pengeluaran kalian. Mengingat saat ini keadaan ekonomi sedang tidak stabil. Sehingga sewaktu-waktu bisa saja terjadi hal buruk seperti pengurangan gaji atau bahkan PHK.

Dana darurat akan jadi penolong kalian. Dana darurat yang ideal adalah dana yang bisa menopang pengeluaran pribadi selama 3-6 bulan.

Seringkali ada salah tafsir mengenai dana darurat. Dana darurat sering disamakan dengan dana jaga-jaga jika terjadi kecelakaan atau sakit mendadak. Untuk berjaga-jaga dari pengeluaran mendadak untuk kecelakaan atau sakit, gunakan asuransi bukan dana darurat.

Kantong Tak Bolong, Dapur Terus Ngebul

Harga kebutuhan pokok yang makin mahal tentu jadi masalah tiap orang. Sehingga mengatur keuangan jadi penting. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah berhemat dan hindari gaya hidup yang membuat boros. Fokuslah pada kebutuhan pokok sehingga tidak boncos saat harga meningkat.

Lalu aku kudu piye? – Artikel pernah muat di CNBC.

ERA DIGITAL
INVESTASI TAK TERBATAS RUANG & WAKTU


Rumah tinggal keluarga adalah kebutuhan dasar manusia. Utamanya bagi Pekerja Migran Indonesia, Klub Cahaya melayani kebutuhan dengan kerja sama saling menguntungkan. Selengkapnya klik ke Klub Cahaya atau Real Estate. Atau ke Beranda.

Kesempatan Emas – Miliki aset properti dengan murah, mudah dan cepat..!!!
Harga tanah dan rumah naik terus, tak pernah turun..
Kami menawarkan 2 cara pembelian : 1. Beli tanah dulu, bangun rumah nanti. 2. Beli rumah langsung, sudah termasuk tanah.
Dengan mendaftar pembelian properti kami, Anda sudah memiliki properti bersama kami..

Hubungi kami untuk mendapat penawaran dan negosiasi terbaik..
Pembayaran setelah lengkap dokumen Notaris..

Perumahan Cahaya Caruban – Kendal
PT. Cemerlang Cahaya Internasional
Kontak HP/WA :
+62 838 61122815
https://klubcahaya.com

Lalu aku kudu piye?

Kategori: Goresan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: