LG mulai bangun pabrik Baterai EV di R epublik Indonesia Bulan Mei 2022, CATL-VW akan menyusul!

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, pembangunan pabrik komponen baterai mobil listrik oleh investor asal Korea Selatan akan memulai pada Bulan Mei 2022 mendatang.

LG Mulai Bangun Pabrik Baterai EV

NEWS – Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia

Nantinya, pabrik komponen baterai mobil listrik ini akan membangun di Kawasan Industri Batang, Jawa Tengah.

“Mungkin rencananya di Bulan Mei atau Juni 2022 ini. Kita akan melakukan groundbreaking (pabrik) prekursor katoda di Batang dengan LG”, kata Bahlil di Kantor Kementerian Investasi/BKPM, Jakarta, Senin (25/4/2022).

“Jadi CATL dan LG sekarang bukan lagi MoU, sudah tahap JV (joint venture)”, ujarnya.

Ia mengatakan, total investasi yang tergelontorkan untuk pembangunan pabrik komponen baterai kendaraan listrik ini mencapai Rp 142 triliun. Bahlil menyebut, nilai investasi ini lebih besar daripada investasi Freeport di Indonesia pada zamannya.

Bahlil berharap, jika ekosistem baterai mobil listrik sudah terbangun, maka Indonesia bisa menjadi salah satu negara industri baterai mobil listrik terbesar di dunia.

Nantinya, pabrik prekursor katoda akan terbangun di Kawasan Industri Batang, Jawa Tengah. Begitu juga dengan pabrik sel baterai dan battery pack juga rencananya akan membangun di Kawasan Industri Batang. Sementara untuk smelter nikelnya, menurutnya akan membangun di Maluku Utara.

Bahlil mengatakan, untuk pembangunan pabrik terintegrasi ekosistem baterai mobil listrik dengan mitra asal China, CATL, targetan juga akan memulai pada tahun ini.

“Smelternya nanti di Maluku Utara karena tambang di sana. Sementara untuk prekursor katodanya masih mencari tempatnya, entah di Kalimantan Timur atau Jakarta”, kata Bahlil.

BASF dan VW

Selain itu, Bahlil menyebut investasi dari perusahaan asal jerman BASF dan Volkswagen juga memastikan masuk berinvestasi ke Indonesia pada tahun ini. Hal ini merupakan kelanjutan pertemuannya dengan pimpinan perusahaan BASF dan Volkswagen beberapa waktu lalu.

“Kalau BASF sudah, BOD sudah datang tindak lanjut, kemungkinan di akhir tahun ini Q3-Q4”, kata Bahlil.

Menurutnya, kemungkinan perusahaan asal Jerman itu akan masuk pada proyek pemurnian nikel dengan teknologi High Pressure Acid Leaching (HPAL) yang produknya merupakan komponen bahan baku baterai kendaraan listrik, dan kemungkinan akan melanjutkan dengan pembangunan prekursor katoda.

LG mulai bangun pabrik Baterai EV di R epublik Indonesia Bulan Mei 2022, CATL-VW akan menyusul!

Artikel pernah muat di CNBC.

ERA DIGITAL
INVESTASI TAK TERBATAS RUANG & WAKTU


Rumah tinggal keluarga adalah kebutuhan dasar manusia. Utamanya bagi Pekerja Migran Indonesia, Klub Cahaya melayani kebutuhan dengan kerja sama saling menguntungkan. Selengkapnya klik ke Klub Cahaya atau Real Estate. Atau ke Beranda.

Kesempatan Emas – Miliki aset properti dengan murah, mudah dan cepat..!!!
Harga tanah dan rumah naik terus, tak pernah turun..
Kami menawarkan 2 cara pembelian : 1. Beli tanah dulu, bangun rumah nanti. 2. Beli rumah langsung, sudah termasuk tanah.
Dengan mendaftar pembelian properti kami, Anda sudah memiliki properti bersama kami..

Hubungi kami untuk mendapat penawaran dan negosiasi terbaik..
Pembayaran setelah lengkap dokumen Notaris..

Perumahan Cahaya Caruban – Kendal
PT. Cemerlang Cahaya Internasional
Kontak HP/WA :
+62 838 61122815
https://klubcahaya.com
Kategori: Goresan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: