Informasi seputar daftar negara penghasil emas terbesar di dunia, termasuk yang terkait negara penghasil emas terbesar di Asia Tenggara banyak dalam pencarian pembaca. Pertanyaan terkait hal ini masih kerap muncul di kalangan pembaca yang penasaran tentang negara produsen emas terbesar di dunia, termasuk mengenai negara penghasil emas di ASEAN.

Karena itu, artikel ini akan membantu pembaca menyajikan informasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang negara penghasil emas di dunia tersebut.

Negara Penghasil Emas Terbesar Dunia

Mengutip data Booklet Emas hasil rilis Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) 2020 yang mengolah data USGS 2020, Australia menjadi negara dengan cadangan emas terbesar di dunia. Per tahun 2019 saja, cadangan emas Australia mencapai 10.000 ton au. Angka tersebut setara dengan 20 persen dari total cadangan emas yang ada di dunia. Ini artinya, negara yang memiliki cadangan emas terbesar di dunia adalah Australia. Ini berarti pula bahwa Australia menjadi negara yang punya salah satu tambang emas terbesar di dunia.

Meski begitu, pada tahun yang sama produksi emas Australia bukan menjadi yang terbesar di dunia. Ini tersebutkan dalam Booklet Emas Kementerian ESDM yang mengolah data Metals Focus pada tahun 2020. Tersebut dalam data tersebut, total produksi emas dunia sendiri pada tahun 2019 tercatat mencapai 4.812 ton au.

Lantas, negara mana yang paling banyak menghasilkan emas?

Produksi emas China terbesar di dunia.

China menjadi negara penghasil emas terbesar di dunia. Capaian produksi emas China mencapai 420 ton au selama tahun 2019. Produksi emas China mengalahkan produksi emas Australia yang menempati urutan kedua pada daftar produsen emas terbesar di dunia. Pada tahun yang sama, Australia memproduksi 330 ton au emas, menyusul kemudian Rusia (310 ton au), Amerika Serikat (220 ton au), dan Kanada (180 ton au).

Indonesia masuk daftar penghasil emas terbesar.

Republik Indonesia juga masuk pada daftar negara penghasil emas terbesar di dunia, tepatnya pada urutan keenam dengan capaian produksi emas sebanyak 160 ton au. “Indonesia merupakan produsen tambang emas urutan 6 dunia, sehingga memiliki peranan untuk menjadi penyuplai emas dunia”, tulis dokumen tersebut, mengutip pada Senin (27/12/2021). Hal ini sekaligus menjadikan Indonesia sebagai negara penghasil emas di ASEAN yang berhasil menduduki peringkat pertama pada daftar negara penghasil emas terbesar di Asia Tenggara. Selain Indonesia, tak ada lagi negara ASEAN lainnya pada urutan 10 besar negara penghasil emas terbesar di dunia.

Selengkapnya, berikut daftar negara produsen emas tebesar dunia lengkap dengan data hasil produksinya :

  1. China : 420 ton au
  2. Australia : 330 ton au
  3. Rusia : 310 ton au
  4. Amerika Serikat : 220 ton au
  5. Kanada : 180 ton au
  6. Indonesia : 160 ton au
  7. Ghana : 130 ton au
  8. Peru : 130 ton au
  9. Afrika Selatan : 90 ton au
  10. Brasil : 85 ton au

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Ini Daftar Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia“.
Penulis : Muhammad Choirul Anwar
Editor : Muhammad Choirul Anwar

Negara Penghasil Emas Terbesar Dunia

ERA DIGITAL
INVESTASI TAK TERBATAS RUANG & WAKTU


Rumah tinggal keluarga adalah kebutuhan dasar manusia. Utamanya bagi Pekerja Migran Indonesia, Klub Cahaya melayani kebutuhan dengan kerja sama saling menguntungkan. Selengkapnya klik ke Klub Cahaya atau Real Estate. Atau ke Beranda.

Kesempatan Emas – Miliki aset properti dengan murah, mudah dan cepat..!!!
Harga tanah dan rumah naik terus, tak pernah turun..
Kami menawarkan 2 cara pembelian : 1. Beli tanah dulu, bangun rumah nanti. 2. Beli rumah langsung, sudah termasuk tanah.
Dengan mendaftar pembelian properti kami, Anda sudah memiliki properti bersama kami..

Hubungi kami untuk mendapat penawaran dan negosiasi terbaik..
Pembayaran setelah lengkap dokumen Notaris..

Perumahan Cahaya Caruban – Kendal
PT. Cemerlang Cahaya Internasional
Kontak HP/WA :
+62 838 61122815
https://klubcahaya.com
Kategori: Goresan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: