Joana Lumowa dan Jofelin Lumowa, anak yang lahir kembar siam pada 2019 lalu; akhirnya berhasil terpisahkan melalui operasi di RSUP Prof. Kandou, Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Operasi kembar siam melibatkan 67 dokter.

Direktur RSUP Prof. Kandou, Jimmy Panelewen mengatakan operasi pemisahan kembar siam merupakan yang pertama kali penanganan pihaknya. Menurutnya, selama ini jika ada kasus bayi kembar siam maka RSUP Prof. Kandou selalu memberi rujukan ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta. “Kalau ini operasi pertama di Rumah Sakit Kandou untuk pemisahan kembar siam. Selama ini kan kalau ada kasus kembar siam pasti pasiennya kita rujuk ke Jakarta; dan kali ini kita coba dengan melibatkan tim dokter 67 orang”, kata Jimmy saat mengkonfirmasi, Jumat 22 April 2022.

Jimmy menyampaikan, operasi pemisahan Joana dan Jofelin baru bisa berlaku saat ini karena sempat terkendala lantaran pandemi COVID-19.”Kami pihak RS Kandou sudah menyiapkan berbagai upaya agar kasus tersebut bisa penanganan secepatnya. Hanya karena pandemi jadi menambah waktu kita untuk menunggu proses operasinya, dan timing-nya tepat”, jelas Jimmy.

Meski demikian, ia mengatakan, tim dokter RSUP Prof Kandou sejak kelahiran Joana dan Jofelin sudah mempersiapkan perencanaan sejak kelahiran. Namun, lantaran ada beberapa pertimbangan, operasi pemisahan baru pelaksanaan Kamis kemarin 21 April 2022.

“Dari kajian teman-teman medis dokter dan semua komponen yang terlibat; menyatakan perlu mematangkan setiap organ dari bayi yang baru lahir ini”, katanya.

Pun, Ketua Tim Terpadu Operasi Pemisahan Kembar Siam, Harsali Lampus menambahkan; operasi pemisahan Joana dan Jofelin sudah memiliki perencanaan yang matang sejak 2 tahun lalu.

KSAD Dudung membesuk anak prajurit TNI AD yang kembar siam. Photo : Dispenad

Ia mengatakan, operasi berjalan lancar dan kedua anak tersebut selamat. “Dan, pada hari ini sudah terlaksana, jam 8.45 Wita siap mulai operasi sesudah pasien terbius. Pada hari ini bisa terlaksana operasi 3 jam lebih awal dari yang sudah rencana”, jelas Harsali kepada awak media, Kamis kemarin.

Ia pun mendoakan kondisi kedua anak kembar itu semakin membaik setelah operasi pemisahan. Katanya, proses pemulihan merupakan salah satu tahap yang sangat perlu perhatian. Menurutnya, kedua pasien juga sudah sadar dan telah berkomunikasi dengan kedua orangtuanya. “Di tahap pemulihan terutama luka operasi dan juga fungsi-fungsi layaknya anak normal, makan minum, beraktivitas. Mungkin itu yang butuh penyesuaian kurang lebih mungkin 7 hari. Sehingga kami harap di tahap pemulihan ini benar-benar bisa perhatian,” tuturnya.

Untuk mengetahui, anak kembar siam Joana Lumowa dan Jofelin Lumowa merupakan putri dari pasangan prajurit TNI Serda Fredrik Lumowa dan istrinya Marcela Sumakul. Serda Fredrik merupakan personel TNI yang bertugas di Kodim 1302/Minahasa.

Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Jumat, 22 April 2022 – 10:08 WIB
Judul Artikel : Libatkan 67 Dokter, Operasi Pemisahan Kembar Siam di Manado Berhasil
Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/nasional/1469193-libatkan-67-dokter-operasi-pemisahan-kembar-siam-di-manado-berhasil?page=2&utm_medium=page-2
Oleh : Hardani Triyoga, Supriadi Maud (Sulawesi Selatan)

Operasi Kembar Siam Melibatkan 67 Dokter

ERA DIGITAL
INVESTASI TAK TERBATAS RUANG & WAKTU


Rumah tinggal keluarga adalah kebutuhan dasar manusia. Utamanya bagi Pekerja Migran Indonesia, Klub Cahaya melayani kebutuhan dengan kerja sama saling menguntungkan. Selengkapnya klik ke Klub Cahaya atau Real Estate. Atau ke Beranda.

Kesempatan Emas – Miliki aset properti dengan murah, mudah dan cepat..!!!
Harga tanah dan rumah naik terus, tak pernah turun..
Kami menawarkan 2 cara pembelian : 1. Beli tanah dulu, bangun rumah nanti. 2. Beli rumah langsung, sudah termasuk tanah.

Hubungi kami untuk mendapat penawaran dan negosiasi terbaik..
Pembayaran setelah lengkap dokumen Notaris..

Perumahan Cahaya Caruban – Kendal
PT. Cemerlang Cahaya Internasional
Kontak HP/WA :
+62 838 61122815
https://klubcahaya.com
Kategori: Goresan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: