Duta Besar Rusia Untuk Indonesia, Ibu Lyudmila #Vorobieva : “Apa persamaan dari Bahasa Indonesia – Rusia?”. Penjelasan ada di bawah.

Oleh : Lyudmila #Vorobieva

💬Jika kita pikir, apa persamaan dari suatu bahasa yang sangat berbeda, seperti Bahasa Rusia dan Indonesia? Rusia dan Indonesia sendiri letaknya terpisahkan ribuan kilometer. Mereka juga berada di belahan bumi yang berbeda. Bahasa kedua negara juga berasal dari rumpun bahasa yang berbeda. Rumpun bahasa Rusia adalah Slavia sedangkan rumpun Bahasa Indonesia adalah Austronesia.

Meskipun begitu, terdapat hal yang mempersatukan keduanya. Apakah itu? Apa persamaan dari Bahasa Indonesia – Rusia? Mungkin pembaca Indonesia akan terkejut mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut. Jawabannya adalah Bahasa Sanskerta.

Ya, memang benar, Sanskerta merupakan bahasa India kuno, ribuan tahun silam menjadi bahasa yang dipergunakan bangsa Arya yang misterius dan juga bahasa dalam tulisan wiracarita (sastra kuno) India “Mahabharata”, Sanskertalah yang menadi benang merah dialek yang bila sekilas dilihat dari pelafalannya adalah sangat berbeda jauh.

Lalu bagaimana itu semua terjadi? Pasti itu yang menjadi pertanyaan Anda. Saya akan jawab. Di Indonesia, penjelasan mengenai pengaruh budaya Hindu terhadap tradisi maupun bahasa nusantara bukan suatu hal baru yang membutuhkan penjelasan secara rinci. Tetapi jarang yang mengetahui fakta bahwa bahasa Rusia di antara semua bahasa yang berguna saat ini. Menurut pendapat para ilmuwan adalah bahasa yang paling mendekati Sanskerta.

Fenomena ini dapat dijelaskan melalui “Teori Kutub” yang menjabarkan bahwa bangsa Arya sebagai bangsa pembawa bahasa Sanskerta. Datang ke India sekitar 4 milenium yang lalu dari wilayah Utara Rusia. Perubahan iklim secara drastis menyebabkan mereka meninggalkan tempat asal mereka, mengubah tanah mereka yang dulunya subur menjadi gurun salju.

Saya akan memberikan suatu argumen menarik yang mengkonfirmasi hal tersebut. Bagi mereka yang sangat mengenal wiracarita India kuno “Ramayana”. Mereka betul-betul mengerti bahwa salah satu tokoh utama cerita tersebut adalah raja kera “Hanoman”.

Pada umumunya kera tersebut tergambarkan berwarna putih. Tetapi dalam kehidupan nyata kera putih hampir kita semua tidak bisa menemui. Sehingga, mungkinkah Hanoman merupakan representasi atas kenangan di Utara? Maksud sebenarnya adalah beruang kutub yang berwarna putih? Oleh karena iklim udara India yang panas, konsep beruang putih terlupakan oleh generasi baru. Mereka memilih merepresentasikannya menjadi monyet, yang lebih familiar.

Bila kita kembali ke padanan filologis. Semua orang Indonesia mengenal kata “desa”, yang dapat berarti sebagai “kampong” ataupun “pemukiman”. Akar kata tersebut berasal dari bahasa Sanskerta. Sehingga banyak bisa menemui di bahasa-bahasa modern di wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara. Mereka mengartikannya sebagai “wilayah” atau pun “negara”.

Contohnya di Negara Bangladesh – artinya adalah “negara Bangla”. Dan di India negara bagian “Uttar Pradesh” yang artinya adalah “wilayah Uttar”. Dalam bahasa Rusia kami menggunakan kata tersebut dalam keseharian kami dengan sedikit modifikasi yaitu “Zdes’ ” atau “se desa” yang artinya “tempat ini”.

Contoh nyata lainnya adalah kata “bahasa” juga berasal bahasa dari Sanskerta, banyak penggunaan di seluruh Asia Tenggara. Bahasa Laos dan Thailand sangat terpengaruh oleh bahasa Sanskerta, pelafalannya adalah seperti “phasa”. Di Rusia, kita tahu kata berakar tunggal “basnya”, yang memiliki arti asli dari cerita lisan. Dan kemudian berubah menjadi karya puitis yang bersifat moral.

Dan tentu saja, orang tidak dapat mengabaikan kesamaan mencolok antara kata dalam Bahasa Indonesia “saudara” dan dalam bahasa Rusia “sudar” yang memiliki arti “tuan”. Kata “bapak” di Indonesia dan “papa” di Rusia, yang memiliki arti “ayah”. D sini akar bahasa Sanskerta terlihat dengan jelas.

Sumber : Kedutaan Besar Federasi Rusia Di Republik Indonesia

ERA DIGITAL
INVESTASI TAK TERBATAS RUANG & WAKTU


Rumah tinggal keluarga adalah kebutuhan dasar manusia. Utamanya bagi Pekerja Migran Indonesia, Klub Cahaya melayani kebutuhan dengan kerja sama saling menguntungkan. Selengkapnya klik ke Klub Cahaya atau Real Estate. Atau ke Beranda.

Kesempatan Emas – Miliki aset properti dengan murah, mudah dan cepat..!!!
Harga tanah dan rumah naik terus, tak pernah turun..
Kami menawarkan 2 cara pembelian : 1. Beli tanah dulu, bangun rumah nanti. 2. Beli rumah langsung, sudah termasuk tanah.
Dengan mendaftar pembelian properti kami, Anda sudah memiliki properti bersama kami..

Hubungi kami untuk mendapat penawaran dan negosiasi terbaik..
Pembayaran setelah lengkap dokumen Notaris..

Perumahan Cahaya Caruban – Kendal
PT. Cemerlang Cahaya Internasional
Kontak HP/WA :
+62 838 61122815
https://klubcahaya.com
Kategori: Karya Aneka

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: