Seberapa pintar ibu Sri Mulyani?

Seberapa pintar ibu Sri Mulyani?

Oleh : Daru Priyambodo

Pintar. Saya beberapa kali bertemu dan sempat mewawancarai Sri Mulyani Indrawati (SMI). Kalau kita berhadapan dengan seseorang, kita bisa segera tahu apakah orang itu “berisi” atau tidak. Salah satu cara untuk mengetahuinya, lihat gesturenya ketika ia mendengarkan orang lain berbicara, dan ketika ia menjawabnya.

SMI mendengarkan pembicaranya dengan cermat, tanpa menunjukkan mimik tidak sabar utk memotong pembicaraan. Saat menjawab, ia menyampaikannya dengan ringkas, dan sesekali menyelipkan data yang memperkuat jawabannya.

Saat SMI harus ke DPR untuk menghadapi Pansus Bank Century (13/1/2010), ia mengalami gempuran berbagai pertanyaan anggota DPR. Banyak pertanyaan itu sudah bukan lagi bertanya, tapi lebih pantas menyebut interogasi dan mengadili. Mereka seolah memperlakukan SMI seperti seorang pesakitan.

Begitu pun, SMI tetap tenang. Saat anggota Pansus Akbar Faisal mencecarnya dengan pertanyaan tajam; SMI sesekali menjawab dengan tersenyum. Ada kalanya tangan ia letakkan di bawah meja. “Apakah ia sedang mengirim pesan BBM ke seseorang?”, bisik seorang wartawan yang meliput. Ternyata tidak. Tangannya menggenggam tasbih, jemarinya bergerak-gerak menghitung, dan saat mendengarkan pertanyaan, bibir SMI komat-kamit.

Seusai sidang, wartawan bertanya yang ia lakukan dengan tasbihnya. Sambil senyum kecil, SMI menjawab: “Saya berzikir agar mendapat ketenangan”. Seseorang di belakang – mungkin wartawan – nyeletuk; “Biasanya tasbih dan zikir buat menghadapi setan Bu..”

Seberapa pintar ibu Sri Mulyani?

Seberapa Pintar Ibu Sri Mulyani Indrawati

Seberapa pintar ia? Kalau ukuran pintar yang terpakai adalah IQ-nya, saya pernah bertanya ini langsung ke SMI. Ia menjawab, baru-baru ini membongkar laci dokumen di rumahnya. Tanpa sengaja, ia menemukan lembar hasil test IQ yang ia lakukan saat baru lulus SMA. “Di situ tercatat IQ saya 157”. Siapa menurut perkiraanmu menteri Jokowi yang punya IQ paling tinggi? Sebagai pembanding, IQ Einstein adalah 160.

Sementara jika kepintaran terukur dari prestasinya, ya jelas tak perlu ragu. Ia adalah orang Indonesia pertama yang pernah menjabat Direktur Pelaksana Bank Dunia. Ia juga terpercaya sebagai Menteri Keuangan oleh dua presiden, SBY dan Jokowi. Di kabinet Jokowi yang terbaru, ia kembali terpilih, masih sebagai Menteri Keuangan. Hattrick, tiga kali menjadi menteri.

Setangguh apa pun, ia tetaplah seorang perempuan yang kadang tak bisa menyembunyikan emosinya. Ia menangis ketika menyambangi keluarga beberapa karyawannya yang tewas dalam kecelakaan Lion Air pada Oktober 2018 lalu. Ia menangis dan suaranya terbata-bata saat ada yang meminta komentar untuk TV tentang wafatnya Ibu Ani Yudhoyono.

“Namun kalau soal pekerjaan, saya berusaha keras menahan emosi”, kata SMI suatu ketika. Ada cerita, suatu saat SMI sedang memimpin rapat di kantornya. Lalu ajudan masuk dan menyampaikan kabar ibundanya meninggal di Semarang, kampung halaman keluarga SMI. Setelah menghela napas beberapa detik, SMI kemudian meneruskan rapat, sampai seluruh agenda rapat selesai. Padahal, para dirjen yang ikut rapat menyarankan SMI segera pulang ke Semarang. Tapi SMI menolak, dan rapat tetap berjalan sesuai agenda.

Artikel pernah muat di Quora.

Seberapa pintar ibu Sri Mulyani?

ERA DIGITAL
INVESTASI TAK TERBATAS RUANG & WAKTU


Rumah tinggal keluarga adalah kebutuhan dasar manusia. Utamanya bagi Pekerja Migran Indonesia, Klub Cahaya melayani kebutuhan dengan kerja sama saling menguntungkan. Selengkapnya klik ke Klub Cahaya atau Real Estate. Atau ke Beranda.

Kesempatan Emas – Miliki aset properti dengan murah, mudah dan cepat..!!!
Harga tanah dan rumah naik terus, tak pernah turun..
Kami menawarkan 2 cara pembelian : 1. Beli tanah dulu, bangun rumah nanti. 2. Beli rumah langsung, sudah termasuk tanah.

Hubungi kami untuk mendapat penawaran dan negosiasi terbaik..
Pembayaran setelah lengkap dokumen Notaris..

Perumahan Cahaya Caruban – Kendal
PT. Cemerlang Cahaya Internasional
Kontak HP/WA :
+62 838 61122815
https://klubcahaya.com
Kategori: Goresan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: