Senjata handal buatan Indonesia yang bisa mengancam dunia; dari senapan sampai kapal selam.

Ajeng Wirachmi · Senin, 04 April 2022 – 15:40:00 WIB

Ada beberapa senjata buatan Indonesia yang bisa mengancam dunia; karena keandalannya sudah terbukti. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki militer kuat. Berdasarkan pemeringkatan Global Fire Power; kekuatan militer Indonesia berada di urutan 15 dari 142 negara, dengan indeks 0,2251.  Selain itu, untuk mendukung kemampuan militer, Indonesia juga memproduksi senjata yang kualitasnya tidak perlu ragu. Seperti kita ketahui, ada beberapa perusahaan yang memproduksi alat pertahanan untuk memenuhi kebutuhan TNI maupun ekspor, seperti PT. Pindad.

Berikut beberapa senjata buatan Indonesia yang bisa mengancam dunia :

1. SS2-V5 A1

Senapan serbu SS2-V5 A1 hasil produksi PT. Pindad ini memang terkenal canggih; dan membuat segan banyak negara. Melansir laman Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP); SS2-V5 A1 berkaliber 5,56 mm dan memiliki popor model teleskopik. Senapan ini memiliki rail di bagian kanan, kiri, atas, dan bawah sehingga mudah penambahan aksesori.

Penggunaannya juga lebih nyaman, sebab telah menambahkan vertical foregrip pada rail bawah. Untuk bobotnya, senapan serbu andalan Indonesia ini memiliki berat kosong 3,35 kg. Sementara itu, berat maksimalnya mencapai 3,71 kg jika terisi penuh peluru (kapasitas 30 butir).  Senapan yang memiliki jarak tembak efektif 200 meter ini juga bisa ada tambahan cartridge peluncur granat.

2. SPR-4

SPR-4 merupakan senapan penembak krunduk atau sniper buatan PT. Pindad. Senapan yang mampu menembak target para jarak 1,5 kilometer ini mulai produksi pada Oktober 2017. Amunisi yang berguna SPR-4 adalah MU56-M.  SPR-4 ada dukungan teleskop dengan pembesaran hingga 25 kali. Sistem operasi senjata ini menggunakan penguncian putar dan bagian ujungnya lengkap dengan peredam hentakan suara.

3. SM2 V1

Satu lagi senjata andal buatan Indonesia yang bisa mengancam dunia adalah SM2 V1, senapan mesin berkaliber 7,62 x 51 mm. Senapan ini peluncuran Pindad pada tahun 2016. Jarak target yang dapat terbidik tak tanggung-tanggung, mencapai 1 kilometer.  SM2 V1 pengoperasian dengan menggunakan mekanisme gas, sehingga jumlah peluru yang keluar bisa mencapai 1.000 butir per menit.

4. Panser Badak

Panser Badak juga buatan Pindad mampu menampung tiga prajurit. Kendaraan lapis baja ini tergolong varian baru hasil racikan Pindad dari jenis Ranpur 6×6. Panser Badak terdesain untuk kebutuhan satuan kavaleri TNI.

Mesinnya menggunakan diesel yang menghasilkan tenaga 340 HP dan kelengkapan Turbo Charger Intercooler. Kecepatan maksimal yang mampu tercapai kendaraan ini adalah 80 km per jam dan daya jelajah hingga 600 kilometer.

Panser Badak lengkap dengan senapan mesin kaliber 7,62 mm. Selain itu kendaraan ini sukses menjalani uji tembak menggunakan 12 amunisi pada 10 – 12 Desember 2015 di Pusat Pendidikan Infanteri, Bandung.  Uji tembak ini merupakan bagian dari sertifikasi guna memastikan panser buatan dalam negeri mampu memenuhi ketentuan TNI Angkatan Darat.

5. Kapal Selam Alugoro

Indonesia juga memproduksi kapal selam yang bernama Alugoro-405. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meresmikan kapal ini di Surabaya pada 17 Maret 2021.

Kapal selam ini sangat cocok beroperasi di laut dangkal, laut dalam, dan salinitas perairan tinggi; sesuai karakter perairan Indonesia. Alugoro merupakan rakitan PT. PAL; yang mampu berlayar selama 50 hari dengan kru 40 orang; dan tambahan satu tim pasukan elite TNI Angkatan Laut yang menjaga dan menunjang fungsi operasional kapal.

Kapal bermesin diesel-listrik ini memiliki panjang 61,3 meter dan dapat melaju hingga kecepatan 21 knot di bawah permukaan laut.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul ” Senjata Buatan Indonesia yang Bisa Mengancam Dunia, dari Senapan sampai Kapal Selam “, Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/senjata-buatan-indonesia-yang-bisa-mengancam-dunia-dari-senapan-sampai-kapal-selam/3.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Anton Suhartono

Senjata Handal Buatan Indonesia

Senjata Handal Buatan Indonesia

ERA DIGITAL
INVESTASI TAK TERBATAS RUANG & WAKTU


Rumah tinggal keluarga adalah kebutuhan dasar manusia. Utamanya bagi Pekerja Migran Indonesia, Klub Cahaya melayani kebutuhan dengan kerja sama saling menguntungkan. Selengkapnya klik ke Klub Cahaya atau Real Estate. Atau ke Beranda.

Kesempatan Emas – Miliki aset properti dengan murah, mudah dan cepat..!!!
Harga tanah dan rumah naik terus, tak pernah turun..
Kami menawarkan 2 cara pembelian : 1. Beli tanah dulu, bangun rumah nanti. 2. Beli rumah langsung, sudah termasuk tanah.

Hubungi kami untuk mendapat penawaran dan negosiasi terbaik..
Pembayaran setelah lengkap dokumen Notaris..

Perumahan Cahaya Caruban – Kendal
PT. Cemerlang Cahaya Internasional
Kontak HP/WA :
+62 838 61122815
https://klubcahaya.com
Kategori: Goresan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: