Shenzhen Kota Percontohan China

Shenzhen itu awalnya adalah kota nelayan yang berhadapan dengan pulau Hong Kong. Ketika awal Deng Xiaoping mencanangkan pembangunan Shenzhen, dia menunjuk ke arah Hong Kong. “Kita akan lihat 25 tahun lagi. Kita akan buktikan bahwa sistem ekonomi dan politik China lebih baik dari Barat atau AS“, kata Deng. Maklum Hong kong adalah representasi dari kebebasan pasar dan negara modern yang terbangun oleh Inggris; negara tempat lahirnya revolusi industri.

Oleh : Erizeli Jely Bandaro

Awal tahun 1980, Deng menjadikan Shenzhen sebagai salah satu kota yang masuk program nasional reformasi ekonomi. Apa itu? Ini adalah kota yang terancang oleh Deng dengan memadukan ekonomi sosialis dan kapitalis serta meracik dalam budaya China. Ada beberapa kota yang masuk program reformasi ekonomi Deng. Kota ini semacam laboratorium social engineering bidang sosial, ekonomi, budaya. Artinya Deng berjudi dengan keyakinannya melawan sistem kapitalisme ala Barat.

“Mungkin Deng sendiri realistis. Tidak yakin akan menang. Makanya kota khusus ini jadi cluster dalam UU KEK. Ya kalau sukses, akan jadi percontohan bagi daerah lain di China untuk meniru. Ya tinggal copy paste aja. Kalau gagal, korban kecil”, kata teman saya; James saat kami diskusi perihal kebijakan awal pemerintah China mereformasi ekonominya.

Walau Shenzhen terpimpin oleh walikota namun wilayah itu langsung di bawah komando presiden. Ya seperti IKN sekarang. Ketua otorita dan walikota pilihan presiden dan bertanggung jawab langsung kepada presiden. Di sinilah visi dan political will pemerintah berperan melakukan perubahan.

Apa kebijakan dasar pembangunan Shenzhen?

Pertama. Kota teribangun dengan memperhatikan lingkungan. Kota terbuat menjauh dari pantai. Kawasan delta tidak ada hunian. Itu sengaja membiarkan jadi hutan bakau dan rawa. Saluran drainase yang modern. Semua saluran air tersier ada di bawah tanah. Jalur primer tidak mengubah, namun penataan dengan baik dan bersih; jadi bagian dari taman kota. Sistem jaringan telekomunikasi dan listrik ada di bawah tanah; tertata dengan baik. Makanya tidak sulit bila 25 tahun kemudian, Shenzhen jadi cyber city. Karena sistem network bagus sekali. Serta ada lengkap dengan pusat data center bekelas dunia.

Kedua. Punya kota satelit yang merupakan kawasan industri beragam manufaktur dan industri. Sangat lengkap dan bangunan siap pakai. Terhubung dengan jalan toll dan alat trasnfortasi yang terintegrasi. Dukungan ketersediaan listrik ribuan megawatt yang tersubsidi negara. Kota satelit ini menjadi magnit urbanisasi dari kalangan muda desa untuk mengadu nasib. Karena tersedia pusat pelatihan yang lengkap agar mereka bisa qualified masuk lapangan kerja yang sangat luas tersedia.

Ketiga. Punya sistem logistik kelas 1. Dari pergudangan yang dengan dukungan fasiltias stasiun kereta api super cepat, terminal truk modern dan pelabuhan kapal. Pelabuhan Shenzhen lebih well organize berbanding Hong Kong yang terkenal sebagai kota pelabuhan kelas dunia. Maklum sejak tahun 2000 Shenzhen telah menerapkan sistem elektronik untuk mengelola admistrasi logistiknya. Sangat efisien dan cepat.

Keempat. Punya ekosistem financial yang sangat likuid dan luas. Investor bukan hanya dari China tapi dari luar negeri. Semua peluang, semua pihak itu, financial resource tersedia. Hebatnya, kecepatan pelayanan lembaga keuangan ini mengalahkan Hong Kong. Karena setiap lembaga keuangan di Zhenzhen mendapat dukungan pusat data riset kewirausahaan yang lengkap beragam industri. Lembaga keuanganya sangat kreatif menyediakan skema pembiayaan. Akhirnya setiap orang yang punya berbagai peluang bisnis tidak akan frustrasi karena terhambat permodalan.

*

Apa yang terjadi kini?

pertumbuhan Shenzhen menampilkan ekonomi swasta yang berkembang dengan kewirausahaan yang kuat. Kota ini telah menjadi pusat inovasi China dan tempat markas besar banyak perusahaan teknologi tinggi, termasuk Huawei dan Tencent.

Tahun 2018, PDB Shenzhen naik menjadi 2,4 triliun yuan ($337 miliar atau 1/3 dari PDB Indonesia); melampaui tetangganya Hong Kong. Hal perkataan Deng tahun 1980; Nah kini terbukti sudah. Hong kong kalah oleh Shenzhen.

Mengapa ?

Bertahun-tahun ekonomi Shenzhen tumbuh dua digit, sukses mempertahankan momentum pertumbuhan yang kuat. Dengan PDB-nya tumbuh di atas rata rata kota di China. Shenzhen juga merupakan kota orang muda. Pada tahun 2016 ada 13 juta orang dengan usia rata-rata di bawah 32 tahun. Dan menjadi magnit para profesional dan orang berbakat, bukan hanya dari China tapi dari seluruh dunia. Shenzhen telah menjadi kota kosmopolitan yang paling modern di dunia. PDB perkapita mengalahkan New York, Boston, London.

Re-reformasi Shenzhen.

Pada Agustus 2019; China merestruktur Shenzhen dan sekaligus akan jadi kota percontohan. Tentang bisa berkembang berkelanjutan di tengah kemajuan IPTEK yang berkompetisi secara global. Pemerintah China dengan tanpa ragu melakukan reformasi ekonomi, administrasi dan hukum secara luas; sesuai visi baru untuk mengeksplorasi jalur pembangunan baru dan unik; agar bisa mendorong kualitas tinggi pembangunan manusia. Dengan misi baru, menjadikan Shenzhen sebagai zona demonstrasi percontohan sosialisme; dengan karakteristik China yang terpandu oleh pemikiran Xi Jinping. Kelak, daerah lain di China bisa mereplika sendirinya seperti Shenzhen.

Peningkatan status Shenzhen bukan hanya pengakuan atas keberhasilan kota itu; tetapi juga pengakuan atas model pembangunan China yang menampilkan pendekatan khas Tiongkok; yang berbeda dari model Barat. “Sosialisme dengan karakteristik Tiongkok bukanlah slogan politik kosong atau konsep ideologis yang kabur. Perkembangan dan kesuksesan Shenzhen adalah contoh nyata dan ilustrasi terbaik dari gagasan tersebut”; kata Guo Wanda, Wakil Presiden Eksekutif China Development Institute; sebuah lembaga think tank di Shenzhen.

“Orang-orang dapat mengajukan pertanyaan seperti; apakah kapitalisme adalah satu-satunya cara untuk mencapai pembangunan berkualitas tinggi, atau adakah model lain? Namun keputusan pemerintah China tentang Shenzhen; menyoroti kepercayaan China pada sistem politik dan ekonominya sendiri untuk membangun masyarakat yang lebih baik”, kata Guo.

Shenzhen Kota Percontohan China

ERA DIGITAL
INVESTASI TAK TERBATAS RUANG & WAKTU


Rumah tinggal keluarga adalah kebutuhan dasar manusia. Utamanya bagi Pekerja Migran Indonesia, Klub Cahaya melayani kebutuhan dengan kerja sama saling menguntungkan. Selengkapnya klik ke Klub Cahaya atau Real Estate. Atau ke Beranda.

Kesempatan Emas – Miliki aset properti dengan murah, mudah dan cepat..!!!
Harga tanah dan rumah naik terus, tak pernah turun..
Kami menawarkan 2 cara pembelian : 1. Beli tanah dulu, bangun rumah nanti. 2. Beli rumah langsung, sudah termasuk tanah.
Dengan mendaftar pembelian properti kami, Anda sudah memiliki properti bersama kami..

Hubungi kami untuk mendapat penawaran dan negosiasi terbaik..
Pembayaran setelah lengkap dokumen Notaris..

Perumahan Cahaya Caruban – Kendal
PT. Cemerlang Cahaya Internasional
Kontak HP/WA :
+62 838 61122815
https://klubcahaya.com
Kategori: Goresan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: